Tanaman Buah Dalam Pot Kecil

tanaman buah dalam pot kecil

Anda berfikir bahwa Anda perlu kebun besar untuk menanam buah? Cobalah pikirkan lagi. Banyak buah-buahan, termasuk apel, ceri dan stroberi, ideal untuk tumbuh dalam wadah atau pot kecil. Itu berarti Anda dapat menanam buah di teras atau bahkan di balkon. Buah jenis apa sajakah yang cocok ditanam di pot kecil? Berikut beberapa contoh tanaman buah dalam pot kecil

  • BLUBERI

Tidak setiap buah tumbuh di pohon besar. tanaman buah dalam pot kecil seperti Blueberry, misalnya, mungkin merupakan buah yang paling mudah tumbuh dalam wadah kecil. Bluberi senang tumbuh pada tanah berbasis gambut yang asam dengan sinar matahari penuh hingga sore hari. Pastikan buah ini disiram dengan baik dan hindarkan dari burung-burung atau binatang lainnya. Dua tanaman blueberry akan memberi Anda panen buah yang layak dan akan berlangsung dari Juni hingga Agustus. Anda membutuhkan pot berdiameter 22 inci dan kedalaman 18 inci.

  • STROBERI

Stroberi tidak hanya mudah tumbuh, Anda dapat menjaga tanaman yang sama tetap hidup dan berproduksi tahun demi tahun. Hanya saja, jangan lupa bawa tanaman stroberi Anda ke dalam ruangan saat musim salju karena kemungkinan besar tanaman itu tidak akan bertahan dalam waktu lama. Varietas stroberi everbearing menghasilkan dua kali panen per tahun. Anda akan membutuhkan 10 hingga 12 tanaman untuk panen yang cukup besar. Semua tanaman ini dapat masuk ke dalam pot dengan diameter dan kedalaman 18 inci. Stroberi membutuhkan paparan sinar matahari penuh, banyak air, dan drainase yang baik.

  • Semangka

Semangka yang dikenal sebagai watermelon, sesuai namanya, membutuhkan banyak air. Percaya atau tidak, Anda bisa menanamnya dalam wadah. Disarankan agar Anda menggunakan wadah  dengan penyiraman otomatis. Anda juga akan membutuhkan terali atau semacam tiang untuk mendukung tanaman merambat. Semangka menjadi tanaman pendamping yang bagus untuk mentimun, karena keduanya memiliki cara perawatan yang sangat mirip.

  • JERUK LEMON

Pohon lemon dikenal sebagai tanaman tropis, tetapi tukang kebun zaman sekarang sudah bisa menumbuhkannya di daerah dingin di mana Anda tidak akan pernah menyangka pohon lemon bisa berkembang, terutama dalam pot kecil. Anda masih perlu melindungi tanaman lemon Anda dari suhu yang sangat dingin atau bersalju dan memberikan sinar matahari yang cukup. Meskipun pohon lemon bisa tumbuh di hampir semua tanah berdrainase baik, tapi tanaman ini juga suka dengan tanah yang sedikit asam.

  • NANAS

Jika Anda hidup di iklim yang hangat dan lembab, menanam nanas dalam pot kecil bisa menjadi cara yang sangat sederhana untuk dilakukan. Potong mahkota nanas, dan letakkan di dalam air selama dua hari. Tanam dalam pot seukuran galon, lalu berikan sinar matahari penuh dan banyak air. Sistem akar dangkal nanas membuatnya sangat cocok menjadi tanaman buah dalam pot kecil. Anda bahkan dapat menanam nanas di dalam ruangan.

  • RASPBERI

Buah ini sangat mirip dengan blueberry dalam kondisi pertumbuhan dan kebutuhan perawatan, raspberry sangat mudah tumbuh dalam pot. Tersedia varietas musim panas dan musim gugur, jadi jika Anda penggemar berat raspberry, Anda mungkin ingin mencoba kedua jenis ini sehingga Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati panen. Tiga batang rasberi cukup untuk menyediakan panen yang bagus, dan tanaman ini membutuhkan pot 12 inci dan tempat yang juga mendapatkan cukup sinar matahari.

Tanaman kecil bisa ditanam menggunakan Planter Bag, lebih efisien dan hemat lahan. Mau tau apa itu planter bag? silahkan klik disini 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *