Mengenal Lebih Dekat Dengan Mangga Garifta

Mangga Garifta
Pernahkah anda mencoba kelezatan dari mangga garifta? Atau anda baru pertama kali mendengar jenis buah mangga yang satu ini? Nah, untuk anda yang baru pertama kali mendengarnya, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal mangga garifta

Bisa terlihat bahwa dari mulai anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun sangat menyukai buah mangga. Bahkan hampir setiap orang tidak akan menolak ketika ditawari untuk merasakan kelezatan dari buah yang satu ini. Nah, kepopuleran dari buah ini sendiri memang tak terlepas begitu saja dari pohonnya yang bersifat mudah beradaptasi atau adaptif dengan lingkungan. Buah mangga sendiri pada umumnya memiliki kulit yang berwarna hijau atau kuning. Tetapi tahukah anda bahwa terdapat satu jenis mangga unggulan yang memiliki warna kulit berbeda. Bukan hanya unggul dari segi tampilan saja, namun juga unggul dari segi rasanya. Ya, buah tersebut adalah buah mangga garifta. Nah, bagaimana awal mula pengembangan dari buah yang satu ini?
Awal mula pengembangan mangga jenis ini adalah ketika penanaman bibit pohon yang dilakukan di Desa Cukurgondang, kabupaten Pasuruan. Bahkan sebenarnya varietas garifta sendiri sudah ditemukan sejak tahun 2009 yang lalu. Dapat dikatakan bahwa mangga garifta merupakan perkawinan mangga-mangga lokal dengan kualitas terbaik. Nah, dari perkawinan inilah menghasilkan mangga yang berwarna indah dengan rasa manis yang sangat menggugah selera. Selain itu, ada beberapa jenis dari mangga garifta ini, ada garifta gading, garifta orange, garifta kuning, hingga garifta merah. Nah tahukah anda apa itu garifta? Garifta merupakan kependekan dari “ga” yang berarti mangga, “rif” sendiri adalah research institute for fruit, serta “ta” yang merupakan penambahan untuk mempercantik pengucapan. Dan tahukah anda bahwa mangga garifta merah merupakan salah satu mangga yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Bahkan setiap pohonnya dapat menghasilkan 135 kg buah dalam satu tahunnya.
Bentuk dari mangga garifta ini lonjong yang berparuh dengan kulit buah yang berwarna merah dan sedikit orange atau kekuningan (namun warna ini juga bergantung dengan intensitas paparan dari sinar matahari yang akan mengenai kulit buah), aroma mangga sedang kuat, panjang buah yang bisa mencapai antara 14 hingga 16,5 cm dengan berat buah kisaran 220 hingga 320 g, memiliki rasa buah yang manis dan sedikit asam, dagingnya yang lembut lunak, agak berserat, dan pastinya sangat cocok dikebunkan. Tampilan buahnya sangat cantik, sehingga membuat mangga jenis ini sangat bagus dijadikan sebagai hiasan atau koleksi. Selain itu, untuk tabulampot juga bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan pohon mangganya yang pendek. Bahkan buah mangga garifta yang berwarna merah pun memiliki daya simpan yang ternyata cukup lama, sekitar 7 hingga 10 hari setelah panen atau pada suhu kamar.

Kandungan gizi mangga garifta

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa mangga jenis ini memiliki citarasa yang sangat manis, ditambah lagi dengan daging buahnya yang berwarna kuning kemerahan, beraroma harum, dan bertekstur lembut. Dan pastinya kandungan air di dalam buahnya cukup melimpah yang dapat menghadirkan kesegaran saat anda mengkonsumsinya. Tentunya tubuh yang segar akan semakin menambah semangat ketika beraktivitas. Bahkan selain bisa dikonsumsi secara langsung, daging buah mangga garifta ini juga sangat cocok dikreasikan atau diolah menjadi berbagai produk kuliner yang lezat dan menyehatkan, seperti salad buah, jus, hingga pudding.
Nah dibalik kelezatan rasanya, ternyata buah yang satu ini juga sangat kaya akan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai kandungan gizi yang ada di dalam mangga garifta adalah sebagai berikut.
⦁ Kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada di dalam mangga garifta terbilang tinggi, sehingga hal ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan kulit. Bahkan vitamin ini juga dapat menjaga kekebalan tubuh.
⦁ Kandungan asam glutamin yang ada di dalamnya bisa berfungsi sebagai penambah daya ingat.
⦁ Kadar glikemik yang rendah di buah mangga sangat baik dalam menormalkan kadar gula darah maupun insulin dalam darah.
Tidak hanya itu saja, beberapa kandungan gizi lainnya yang terdapat di dalam mangga garifta seperti potassium, hingga zat besi. Yang pasti, buah mangga ini merupakan sumber gula alami untuk tubuh, sehingga sudah saatnya anda mengkonsumsinya atau jika ingin memiliki tanamannya, maka tidak ada salahnya untuk langsung menanamnya di kebun atau di halaman rumah anda. Tentunya jenis tanaman mangga garifta ini memiliki pohon yang ukurannya tidak terlalu besar, lho! dengan begitu akan memudahkan perawatan hingga pemetikan buahnya. Dan yang tak kalah penting adalah tanaman buah ini bisa tumbuh dengan subur di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi yang mencapai 1300 mdpl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *