Begini Cara Menanam Melon di Pot

Bisakah melon tumbuh di pot? Ini adalah pertanyaan umum, dan para pecinta melon yang merasa kesulitan dengan cara menanam melon di pot. Jawabannyaadalah ya, Anda dapat menanam melon dalam pot. Namun, jika Anda dapat memberikan kondisi pertumbuhan yang tepat. Jika Anda ingin menanam melon dalam pot, ada beberapa peringatan yang harus Anda ketahui sebelum menanam melon.

Nah, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan sebelum menanam melon. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Penaburan Bibit

Menabur dua biji per pot kompos benih dalam pot 9cm. Siram dengan baik, dan kemudian tempatkan pot di dalam penyebar pada suhu setidaknya 18 derajat celcius. Letakkan pot

Penanaman Kecambah

Setelah berkecambah, pindahkan yang lebih lemah dari dua bibit dan jaga agar kompos tetap lembab tetapi tidak terlalu basah. Setelah daun sejati pertama muncul, kurangi suhu di dalam propagator ke suhu minimum 15 derajat celcius.

Cara menanam melon di pot Adalah Soal Waktu Penanaman

Tanamlah di awal musim kemarau. Jepit titik tumbuh utama menjadi dua atau tiga kuncup, untuk mendorong bagian sampingnya berkembang. Anda juga bisa menambahkan tanaman lain di sekitarnya sebagai tempat tanaman melon ini menjalar hanya untuk sementara.

Petumbuhan Tanaman

Saat tanaman terbentuk, teruslah mengikat batang utama yang panjang dengan penyangga tanaman. Pastikan kompos tetap lembab setiap saat, yang berarti memeriksa tanaman setiap hari. Mulailah menambahkan umpan cair seminggu sekali untuk mendorong pertumbuhan yang kuat. Untuk mencegah tanaman menjadi terlalu ramai, jepit sideshoots setelah tiga atau empat daun, setiap minggu.

Bunga Jantan dan Betina

Melon menghasilkan bunga jantan dan betina. Bunga betina memiliki buah berkembang di belakang mekar sedangkan bunga jantan memiliki tangkai tipis. Serangga biasanya menyerbuki bunga-bunga, tetapi di rumah kaca, Anda mungkin perlu menyerbuki dengan tangan. Pertama mengidentifikasi bunga betina dan jantan, mencari buah di belakang betina dan batang tipis di belakang jantan.

Perkawinan Melon – Bagian Terumit Dari Cara menanam melon di pot

Pilih hari yang hangat dan cerah ketika bunga sepenuhnya terbuka. Pilih bunga jantan yang sehat dan lepaskan kelopaknya untuk mengekspos bagian dalam mekar tempat serbuk sari diproduksi. Lembut memindahkan bunga jantan ke mekar betina terbuka penuh, yang memungkinkan serbuk sari dari kepala sari jantan untuk beralih ke stigma betina.

Merawat Buah dan Memanen

Jika tampak buah terlalu banyak, maka potonglah beberapa. Pasalnya, terlalu banyak buah dalam satu pohon akan menyulitkan perkembangan buahnya. Saat buah-buahan berkembang, siram dengan air dan beri pakan dengan cairan potas tinggi, seperti larutan comfrey. Dukung buah-buahan berat dengan sepasang celana ketat, atau jaring seperti kantung jaring tempat Anda membeli jeruk. Saat buah matang, mereka akan mengeluarkan aroma manis dan akan melunak di ujung yang berlawanan dengan tangkai. Kulit juga dapat berubah warna. Akhirnya, retakan kecil akan muncul pada buah di sekitar tangkai, yang berarti saatnya untuk memetik.

Bagaimana? Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait cara menanam melon di pot. Beberapa hal di atas terbilang sangat penting dalam pertumbuhan melon.

Hal lain yang perlu yang Anda perhatikan adalah penggunaan pot yang tepat. Jika Anda ragu dengan jenis pot apa yang baik, maka planter bag adalah pilihan Anda.

Mengapa planter bag? Karena planter bag memiliki fasilitas yang jarang ada di pot lainnya. Planter bag sangat baik dalam menjaga sirkulasi air di dalam tanah sehingga cara menanam melon di pot menjadi lebih mudah. Butuh planterbag untuk menanam melon? silahkan klik disini