Cara Menanam Kunyit Dengan Pot Secara Baik Dan Efektif


Menanam kunyit di dalam pot tentu saja sudah menjadi sebuah hal yang aneh di kalangan masyarakat. Bahkan kunyit ini merupakan salah satu jenis obat herbal yang kaya akan manfaat. Oleh karena itu agar lebih praktis banyak dari mereka yang mencoba untuk menanam kunyit tersebut. Mungkin untuk mereka yang memiliki lahan luas tidak akan masalah untuk menanamnya. Namun jika lahan yang dimiliki tidak luas tentu saja membutuhkan pot sebagai tempat kunyit tersebut. Cara menanam kunyit di pot juga sangat mudah.

Bahkan jika ditelateni, kegiatan satu ini dapat menghasilkan ladang bisnis kunyit yang cukup menjanjikan. Kemudian cara untuk menanam kunyit di dalam pot juga terdiri dari banyak hal yang harus dilalui. Adapun berikut ini adalah cara menanam kunyit di dalam pot yang dapat Anda coba:

  • Pembibitan Kunyit

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah pembibitan serta penyemaian rimpang kunyit itu sendiri. Ambil rimpang yang sudah tua karena nantinya akan lebih cepat untuk mengeluarkan tunas. Untuk beberapa syaratnya sendiri adalah berasal dari tanaman kunyit yang subur dan mempunyai daun banyak. Kemudian juga terhindar dari penyakit dan hama, serta mengalami dormansi sebelum ditanam nantinya. Sedangkan cara penyemaian bibitnya sendiri adalah sebagai berikut:

Rimpang kunyit diletakkan di atas tanah yang lembab, dimana suhunya sekitar 25 sampai 28 derajat celcius.
Keudian pastikan jika ripang terseut tidak kena sinar matahari secara langsung. Karena Anda harus membiarkannya selama 30 sampai 45 hari secara berangin – angin.
Rimpang tersebut ditaburi menggunakan tanah secukupnya serta siram di setiap sore. Tujuannya agar tunas yang dihasilkan bagus, selain itu bisa juga menggunakan larutan ZPT selama 3 jam dengan cara merendamnya.
Jika nantinya rimpang kunyit tersebut sudah tumbuh sekitar 10 cm, Anda dapat mengambil tunasnya dan memotongnya. Biasanya akan terjadi selama 1 bulan.
Kemudian untuk masing – masing pot nantinya dapat diisi 1 tunas.

  • Cara Menanam Kunyit

Untuk bibit kunyit yang sudah siap tanam merupakan bibit yang sudah disemai serta muncul tunasnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menanam kunyit di pot, seperti berikut:
Memuat lubang di media tanam sekitar 8 cm.
Masukkan 1 bibit di satu lubang yang sudah disiapkan.
Kemudian tutup menggunakan media tanam berupa campuran tanah, kompos serta pupuk kandang.
Selain itu siram selalu bibit secukupnya.

  • Perawatan Tanaman Kunyit

Untuk perawatan tanaman kunyit ini juga tak teralu sulit dan hanya membasmi hama saja. Tetapi di dalam menanam kunyit terdapat beberapa hama. Dengan demikian akan sangat menyenangkan. Perawatan yang harus dilakukan adalah menyiram, kemudan merawat dan memupuk kunyit itu sendiri.

  • Masa Panen Kunyit

Sedangkan untuk masa panennya sendiri biasanya setelah kunyit tersebut sudah berusia 8 bulan setelah masa tanam. Tujuannya adalah agar kunyit yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik. Namun sebagai saran saja, Anda dapat menanam kunyit tersebut di pot yang sudah dipersiapkan tadinya. Selain itu setelah kunyit berhasil ditanam, Anda dapat memasukkannya ke dalam karung sebelum nantinya dijual.
Demikian beberapa hal tentang cara menanam kunyit di pot yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Sehingga Anda nantinya dapat maksimal dalam menanam kunyit tersebut. Tetapi untuk Anda yang tidak ingin repot, tak perlu khawatir. Anda nantinya dapat menggunakan planter bag sebagai pengganti pot. Dimana sudah sangat mudah ditemukan di internet. Silahkan klik disini untuk pembelian planterbag