Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot Yang Sangat Mudah Dan Praktis

cara menanam kelengkeng dalam pot

Menanam kelengkeng sebenarnya tidak harus menggunakan lahan yang luas. Anda dapat memanfaatkan pot sebagai medianya. Sehingga jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas, maka gunakan saja pot untuk menanam kelengkeng tersebut. Tetapi pohon kelengkeng mempunyai bentuk yang besar, sehingga pot yang perlu disediakan juga cukup besar. Namun tak perlu khawatir, karena Anda juga bisa membuat tabulampot untuk kelengkeng tersebut. Dengan demikian akan sangat menarik. Namun cara menanam kelengkeng dalam pot memang membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Pemilihan Bibit sebagai cara menanam kelengkeng dalam pot

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan tentu saja pemilihan bibitnya, Anda dapat memilih bibit yang berasal dari biji. Selain itu bisa juga berasal dari hasil okulasi. Dimana nantinya bisa disesuaikan dengan keinginan.

Bahkan jenis dari kelengkengnya sendiri terdiri dari beberapa pilihan seperti kelengkeng diamond river, kelengkeng pingpong dan yang lainnya. Namun jika Anda ingin lebih praktis dan cepat, maka dapat memilih bibit kelengkeng hasil dari okulasi.

  • Pemilihan Pot

    Kemudian langkah yang kedua adalah pemilihan pot, untuk hal ini Anda dapat menggunakan pot yang terbuat dari drum agar nantinya sesuai dengan ukuran dari pohon kelengkeng yang semakin besar setiap harinya. Namun jika Anda ingin menggunakan pot yang berbahan plastik maupun semen cor, pastikan ukurannya besar.

Karena semakin tinggi bibit yang digunakan, tentu saja pot yang disediakan juga harus cukup besar. Usahakan untuk tidak salah dalam memilih pot, karena jika salah tentunya akan berpengaruh dengan pertumbuhan kelengkeng itu sendiri.

  • Cara menanam kelengkeng dalam pot

    Langkah selanjutnya adalah pemilihan media tanam. Campuran dari media tanamnya sendiri adalah tanah, kemudian pasir, pupuk kandang dan juga sekam. Untuk perbandingannya sendiri adalah 1:1:2:1. Dengan demikian kelengkeng bisa tumbuh dengan baik.

Untuk pupuk kandang yang bagus digunakan biasanya adalah kotoran kambing karena memiliki kandungan fosfor yang cukup banyak. Sehingga nantinya dapat mennjang kelangsungan hidup dari tanaman kelengkeng itu sendiri.

  • Penyiraman Kelengkeng

    Lalu penyiraman tanaman kelengkeng, dimana dapat dilakukan secara sederhana, namun harus dilakukan secara rutin. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk menyiram tanaman kelengkeng ini dlakukan setiap pagi dan sore hari. Sehingga tanaman kelengkeng ini tidak akan terganggu pertumbuhannya.

 

  • Pemupukan

    Sedangkan untuk pemupukan dari kelengkengnya sendiri juga cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan pupuk setiap satu bulan sekali dengan pupuk kandang. Selain itu Anda juga dapat melakukan pemangkasan menggunakan pola 1:3:9.

Dimana semakin banyak calon bunga, tentunya semakin banyak calon buah yang nantnya akan dipanen. Dengan demikian hasil yang didapatkan dari buah kelengkeng akan sangat banyak dan maksimal.

Agar nantinya tanaman kelengkeng tersebut bisa tumbuh dengan subur serta memiliki buah yang berlimpah tentu saja harus dirawat dengan baik. Anda juga perlu memastikan untuk meletakkan tanaman kelengkeng tersebut pada tempat yang tepat. Dimana tempat tanaman kelengkeng yang baru saja ditanam harus ditempatkan di tempat yang tidak terlalu panas.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara menanam kelengkeng dalam pot yang dapat Anda perhatikan. Dengan adanya beberapa informasi terseut tentu saja akan membuat buah dari tanaman kelengkeng tersebut semakin maksimal. Untuk Anda yang mungkin saja tidak mau repot mengganti – ganti pot, Anda dapat menggunakan planter bag sebagai wadahnya. Untuk membeli planter bag tersebut juga sangat mudah dan dapat ditemukan dimana – mana. Salah satunya Anda bisa menemukan planterbag disini