Cara Menanam Jahe Di Pot Secara Mudah Dan Maksimal

cara menanam jahe di pot
Tanaman Jahe di Planterbag

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang memiliki banyak khasiat. Terutama pada saat seseorang sedang kurang enak badan atau saat cuaca dingin, jahe ini dapat dijadikan sebagai minuman, sehingga badan akan terasa lebih enak. Karena harga jahe di pasaran terbilang cukup mahal, maka tak heran jika sebagian besar masyarakat sekarang ini memilih untuk menanam sendiri. Bahkan untuk Anda yang tidak memiliki lahan luas dapat memanfaatkan pot sebagai wadah untuk menanamnya. Cara menanam jahe di pot sendiri sangat mudah, begitupun saat perawatan sampai pemanenannya. Bagaimana caranya? Inilah beberapa tahapannya:

Pemilihan Bibit Jahe
Sebelum menanam jahe, tentu saja Anda harus melakukan pemilihan bibit jahe terlebih dulu. Dalam pemilihannya juga harus dilakukan secara tepat. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa mengambil tanaman jahe yang sudah tua, dimana ditandai dengan tajuk yang sudah kering serta mempunyai usia 9 sampai 10 bulan. Kemudian terlihat segar dan tidak ada penyakitnya serta kulit rimpangnya tidak memar ataupun lecet karena galian. Anda juga dapat memilih rimpang yang besar dan juga besar.
  • Kemudian rimpang tersebut dipotong menggunakan cuter steril ataupun bisa juga dipotek secara langsung. Nmun sisakan 2 sampai dengan 3 bakal mata.

Mempersiapkan Media Tanam
Kemudian Anda perlu mempersiapkan media tanam, dimana untuk persiapannya cukup mudah. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Siapkan pot yang berkapasitas sekitar 5 kg.
  • Kemudian masukkan tanah pada pot yang sudah dipersiapkan tersebut. Tetapi sebelumnya Anda perlu mencampurkan tanah tersebut menggunakan sekam padi dan pupuk. Untuk perbandingannya adalah 3:1:1. Hal tersebut tujuannya untuk menjaga ketersediaan dari nutrisi yang dibutuhkan tanaman jahe tersebut. Untuk pupuknya sendiri Anda dapat menggunakan pupuk kandang maupun pupuk kompos yang sudah difermentasi. Tujuannya agar penyerapan yang dilakukan lebih maksimal.

Cara Menanam Jahe
Jika proses dari persiapan media tanamnya tersebut sudah selesai, maka Anda bisa mulai untuk menanamnya. Cara menanam jahe di pot adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama adalah pilih bibit jahe dari indukan yang baik serta simpang pada tempat yang lembab serta sedikit basah. Jika sudah tumbuh tunas, Anda bisa memotong menjadi bibit jahe. Usahakan setiap bibit tersebut mempunyai 2 tunas. Setelah itu rendam bibitnya sekitar 8 jam menggunakan larutan agrimicin 0,1%. Setelah itu keringkan.
  • Kemudian masukkan benih jahe tersebut ke dalam pot yang sudah berisi media tanam yang sudah dibuat. Ada baiknya jika pot tersebut diisi media tanam sekitar ¾ bagian agar pertumbuhan dari jahenya sendiri lebih optimal. Setelah itu tutub kembali bibit jahe tersebut menggunakan tanah.
  • Tanaman jahe ini akan tumbuh dengan lebat saat berusia 90 hari. Pada saat menunggu pertumbuhannya tersebut, Anda harus rutin menyiraminya. Tujuannya tentu saja agar tidak kekurangan air.

Perawatan Jahe
Untuk proses perawatannya sendiri juga cukup sederhana, dimana Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Anda perlu melakukan pemupukan tambahan dengan pupuk urea dan juga KCL di saat usia dari jahe tersebut sudah 1 bulan. Perbandingannya adlah 3:4.
  • Kemudian lakukan penyiangan tanaman dan membersihkan jahe dari gulma serta rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman.
  • Selain itu Anda perlu melakukan tindakan preventif serta represif kepada hama serta penyakit. Dimana dapat menggunakan pestisida. Selain itu lakukan penyiraman jika sudah mulai kering. Barulah dipanen saat usia 8 bulan.

Demikian beberapa cara menanam jahe di pot yang dapat Anda coba dan perhatikan. Selain menggunakan pot, Anda juga bisa menggunakan planter bag untuk menanam jahe. Sehingga nantinya akan sangat efektif dan praktis. Anda dapat membeli planter bag tersebut secara online. Indo Planterbag menyediakan planterbag khusus untuk tanaman umbi sehingga memudahkan Anda untuk panen jahe, mau tau produknya? klik disini 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *