Cara Menanam Cabe Rawit di Pot

cara menanam cabe rawit di pot
Cabe rawit hijau di Planterbag

Cabai rawit (Capsicum annuum) dalam pot menghasilkan cabe segar untuk dikonsumsi ketika suhu terlalu dingin untuk menanam cabai di luar rumah. Pot tanaman cabai dapat dipindahkan di luar selama cuaca hangat dengan tanaman tegak mengkilap menghasilkan polong hijau dan merah. Cabe rawit membutuhkan musim tanam yang panjang dan suhu panas untuk berbuah. Tanah yang dikeringkan dengan baik dan irigasi teratur juga merupakan komponen penting dari penanaman cabe rawit dalam pot. Bagaimana cara menanam cabe rawit di pot?

  • Cara Menanam Tanaman Cabai

Menanam cabai rawit membutuhkan panas. Cabe sebagian besar abadi di habitat asli daerah sub-tropis dan tropis. Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki musim tanam panjang dan banyak sinar matahari, Anda dapat langsung menabur benih di kebun 10-14 hari sebelum musim panas tiba. Di daerah beriklim sedang, cabai ditanam sebagai tanaman tahunan, jadi ketika memulai tanaman cabai rawit dari biji, yang terbaik adalah melakukannya di dalam ruangan atau di rumah kaca. Cabai rawit sangat rentan dan bereaksi buruk terhadap cuaca yang terlalu panas atau dingin. Taburkan benih dalam media tanah yang kering dan berdrainase baik, dan simpan di lokasi yang cerah pada suhu setidaknya 16 derajat celcius sampai benih bertunas dalam 16-20 hari.

Tanam bibit cabai rawit didalam pot Planterbag dengan jarak antara 2 sampai 3 inci dan biarkan secara bertahap menyesuaikan diri atau mengeraskan suhu di luar ruangan. Umumnya, transplantasi luar harus dilakukan enam hingga delapan minggu setelah benih ditabur, atau setelah cuaca sangat dingin berlalu. Namun, jika Anda memilih untuk melakukan transplantasi sebelum cuaca dingin, disarankan untuk melindungi tanaman dengan penutup atau ditanam dalam pot hitam. Untuk mempersiapkan transplantasi tanaman cabai rawit, campurkan tanah dengan pupuk atau senyawa organik, jika perlu, hindari terlalu banyak nitrogen di daerah yang terkena sinar matahari penuh agar lebih merata. Tanam cabe cabe rawit anda dengan jarak 18-24 inci secara berurutan.

  • Perawatan Cabe rawit

Tanah yang lembab dibutuhkan untuk perawatan cabai rawit tetapi jangan menggunakan air berlebihan. Tanah yang terlalu kering dalam hal ini dapat menyebabkan dedaunan menguning. Mulsa organik atau terpal plastik membantu memperkecil kemungkinan tumbuhnya rumput-rumput kecil dan juga menghemat air. Namun demikian, jangan gunakan mulsa organik sampai tanah menjadi hangat hingga 24 C. Tanaman cabe rawit dapat berkembang saat musim dingin jika terlindung dari saljuĀ  atau pindahkan ke dalam ruangan. Pangkas tanaman sesuai kebutuhan. Cabai rawit akan siap panen sekitar 70-80 hari. Jika sudah siap, cabai rawit akan memiliki panjang 4-6 inci dan mudah ditarik dari batangnya, meskipun sebaiknya dipotong dari tanaman agar tidak menimbulkan kerusakan. Beberapa buah akan berwarna hijau, sebagian hijau atau berwarna dan harus disimpan pada suhu 13 C. Pemanenan akan terus berlangsung dan berlanjut sampai musim dingin berikutnya.

  • Cara menanam cabe rawit di pot Menggunakan Pot Planterbag

Jika anda berminat untuk berkebun cabe rawit, maka anda memerlukan pot yang banyak dan berkualitas. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menggunakan pot dari Planterbag yang menawarkan pot hitam berbagai ukuran, volume, dan harga. Jika anda ingin bercocok tanam cabai rawit, anda bisa menggunakan pot yang minimalis. Harga pot Planterbag juga bervariasi dan dapat dibeli perlembar atau perkodi. Jika anda membelinya per kodi, maka anda akan lebih menghemat biaya. Anda mungkin bisa mengecek pot Planterbag di website resminya indoplanterbag.com dan memesannya secara online. Mau pesan planterbag? silahkan klik disiniĀ 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *