Cara Menanam Buah Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Maksimal

Menanam berbagai jenis tanaman memang akan membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik dan cantik. Terlebih lagi dengan jenis tanaman buah, selain dijadikan sebagai hiasan rumah, juga dapat dikonsumsi sendiri. Namun bagaimana untuk Anda yang tidak memiliki lahan luas? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan teknik tabulampot sebagai solusinya. Namun untuk menanam tabulampot sendiri perlu memperhatikan beberapa hal. Karena tidak semuanya mudah berbuah, justru daunnya saja yang tumuh lebat. Oleh karena itu untuk membantu Anda , kali ini kita akan membahas tentang cara menanam buah dalam pot agar cepat berbuah.

Pada dasarnya cukup mudah untuk menanam tabuampot agar cepat berbuah, karena yang terpenting adalah ketelatenan di dalam perawatannya. Mulai dari tahap persiapan media sampai dengan berbuah. Untuk Anda yang mungkin masih bingung, tak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Mengontrol Asupan Air

    Menanam tabulampot sendiri tidak berarti harus berlebihan di dalam menyiram tanamannya. Pada beberapa tanaman buah seperti jambu air dan juga mangga ada baiknya disiram cukup dua kali dalam seminggu setelah ditanam.

Karena menyiram  tanaman secara berlebihan justru akan menghambat rangsangan dalam menghasilkan bunga. Dan yang semakin lebat hanya daunnya saja. Selain itu pada awal penanaman, Anda perlu membiarkan tanaman tersebut terpapar sinar matahari untuk agar dapat mempercepat proses fotosintesis.

Di musim panas, nantinya Anda dapat menambahkan durasi penyiraman. Misalnya saja setiap hari di siram, namun pastikan untuk menghindari menyiram daun di pagi hari karena dapat membuat proses dari fotosintesis menjadi terganggu.

  • Mengurangi Daun

    Kemudian cara menanam buah dalam pot agar cepat berbuah bisa dengan mengurangi daunnya. Terlebih jika tanaman tersebut memiliki daun yang lebat. Buat saja tanaman menjadi stres sehingga dapat merangsang pertumbuhan dari bunganya.

Untuk caranya sendiri adalah membuat goresan di batang kemudian hilangkan daun – daun yang sudah tua dan kering. Jadi nantinya yang tersisa hanya daun muda saja.

  • Menambahkan Pupuk Kandang

    Lalu Anda juga jangan terlalu puas hanya menyiram dan juga membiarkan tabulampot tersebut terkena sinar matahari. Karena asupan mineral yang berasal dari pupuk kandang juga sangat penting untuk diperhatikan .

Asupan tersebut nantinya akan membuat tabulampot menjadi lebih subur serta menghasilkan tunas yang baru. Untuk pembelian pupuknya sendiri dapat secara online sehingga tidak akan merepotkan. Selain itu pemupukan juga cukup dilakukan sekali dalam satu bulan.

  • Perhatikan Intensitas Sinar Matahari

    Anda juga perlu memperhatikan intensitas dari sinar matahari karena terdapat beberapa tanaman yang membutuhkan cukup banyak sinar matahari. Contohnya saja seperti sirsak, mangga serta kelengkeng. Beberapa tanaman tersebut akan tetap bertahan meskipun sinar mataharinya cukup terik.

Tetapi untuk beberapa tanaman buah yang lain seperti jeruk, ceri, belimbing dan apel membutuhkan sinar matahari yang sedang karena memiliki daun yang mudah layu di saat panas. Sehingga saat hari sudah siang, segera pindahkan tabulampot tersebut ke tempat lebih sejuk.

  • Membersihkan Area Pot
    Selain itu Anda juga perlu membersihkan area yang ada di sekitar pot. Caranya adalah dengan membuang daun jatuh agar nantinya tidak busuk dan tidak mengundang bakteri serta jamur yang beresiko menularkannya ke tanaman.

Anda juga perlu melakukan pemangkasan di setiap bulannya agar tidak rimbun dengan daun yang sudah tua, karena dapat membuat pertumbuhan bunga serta bakal buah menjadi terhambat.

Itulah beberapa cara menanam buah dalam pot agar cepat berbuah yang bisa Anda coba, selain itu jika ingin menanam tabulampot, Anda bisa menggunakan planter bag karena dinilai lebih efektif. Sehingga dapat menghasilkan buah secara maksimal. Mau tau tips menanam tabulampot lainnya? ayo klik disini