Cara Menanam Bawang Putih Di Pot Dengan Mudah

Menjadi salah satu bagian dari bumbu masak yang selalu ada di setiap masakan tentunya membuat permintaan bawang putih tak pernah putus. Apalagi khasiat dari bawang putih sendiri sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Bahkan pembudidayaan dari bawang putih juga banyak dilakukan oleh masyararakat. Terkadang banyak juga dari mereka yang tidak memiliki lahan yang luas mencoba menanam bawang putih menggunakan pot. Bagaimana cara menanam bawang putih di pot? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Bagi para pemula yang ingin mencoba untuk menanam bawang putih namun tidak mempunyai tanah yang luas, dapat menggunakan pot. Untuk kualitasnya sendiri tidak berbeda dengan yang ditanam di lahan luas. Caranya juga cukup sederhana, Anda bisa memperhatikan beberpa langkah seperti berikut ini:

Menentukan Waktu Penanaman Bawang Putih

Sebelum mulai menanam bawang putih, Anda perlu untuk menentukan waktu penanaman bawang putih itu sendiri. Dimana untuk waktu yang tepat dan disarankan adalah saat matahari bersinar. Dalam artian saat musim panas, sehingga saat musim hujan, ada baiknya jika Anda tidak menanam bawang putih.

Mempersiapkan Media Tanam

Kemudian langkah yang kedua adalah mempersiapkan media tanam, untuk caranya juga sederhana, berikut beberapa di antaranya:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih, pastikan mash segar. Bisa yang bertunas bisa juga yang tanpa tunas. Untuk bawang putih yang bertunas, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas 1 sampai 2 minggu sampai kecambahnya tumbuh. Kemudian untuk bawang putih tanpa tunas, Anda dapat mengupas kulit luarnya seperti saat akan digunakan untuk memasak.
  • Siapkan tanah untuk penanaman, biasanya tanah tersebut dicampur dengan pasir. Usahakan untuk tidak menanamnya di tanah liat. Hal tersebut karena bawang putih tidak dapat tumbuh maksimal pada tanah yang lunak. Agar kombinasinya baik, Anda dapat menggunakan tanah yang ditambahkan dengan pasir serta pupuk kandang.
  • Setelah itu siapkan pot sebagai tempat atau wadah untuk menanam bawang putih tersebut.

Tahap Penanaman Bawang Putih
Cara menanam bawang putih di pot
selanjutnya adalah tahap penanaman, dimana untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot.
  • Tanam bawang putih tersebut sekitar 2 sampai 3 cm di tanah yang terdapat pada pot terseut. Untuk ujung runcing bawang tersebut dihadapkan ke atas agar nantinya arah tumbuhnya ke atas. Setelah itu tutup tanah kembali.
  • Siram bawang putih tersebut secukupnya.
  • Tambahkan pupuk satu minggu sekali serta letakkan pada bawah sinar matahari namun jangan terlalu panas juga.
  • Di usia 2 minggu, daun dari bawang putih biasana sudah muncul dan mulai tinggi. Anda harus memastikan untuk mempehatikan apakah ada hama atau tidak. Karena hama tersebut dapat merusak bawang putih.

Tahap Pemanenan Bawang Putih
Setelah itu langkah yang terakhir adalah pemanenan, dimana bawang putih biasanya kan dipanen saat berusia 90 sampai 100 hari. Jadi jika dirasa sudah siap panen, sebaiknya segera dipanen agar hasil yang diperoleh juga lebih maksimal.

Jadi itulah beberapa cara menanam bawang putih di pot yang dapat dicoba. Sebenarnya cukup sederhana untuk melakukan setiap langkahnya. Yang terpenting adalah proses yang dilakukan tepat. Selain itu untuk Anda yang ingin menanam bawang putih di pot, tak ada salahnya mencoba menanamnya di planter bag. Menggunakan planter bag ini akan membuat hasilnya maksimal karena sirkulasi udara sangat baik dan lebih awet. Yuk mulai menanam bawang putih dengan planterbag, mulailaah dari siniĀ